Friday, July 6, 2012

Cara Memasang VGA Card Di Komputer

Beberapa Tipe Vga card 

VGA PCI

VGA PCI

VGA AGP

VGA AGP

VGA PCI Express

VGA PCI Express 
Yang membedakan diantara ketiganya adalah slot yang di gunakan jadi dalam pemasangan vga card hanya akan berbeda pada letaknya saja.

Berikut Cara Memasang VGA Card Komputer

Sebelum memasang VGA card kenali tipe VGA card yang anda punya. Dan teliti bahwa VGA card tersebut memang sudah support dengan Motherboard anda.
  1. Buka casing dan perhatikan adanya slot vga sesuai tipe PCI, AGP, PCI Express

    Gambar slot VGA AGP

    Slot Vga Agp berwarna hijau, lain Motherboard kadang beda warna.

    slot VGA AGP

    Gambar slot VGA PCI Express

    Slot VGA PCI Express berwarna orange, lain motherboar kadang beda warna dan slot PCI berwarna putih

    slot VGA PCI Express 
     
  2. Jika sudah di ketahui jenis slot yang di gunakan untuk memasang vga card maka anda tinggal pasang ke slot yang telah tersedia dan menekannya, dan biasanya anda harus melobangi belakang case untuk memasang vga card tersebut dengan mencukil case cpu tempat untuk memasang VGA Card
  3. Untuk menguatkan kaitkan dengan skrup dan dikuatkan dengan obeng
  4. Cek kembali apakah cara memasang VGA card anda sudah benar.
Demikian cara memasang vga card dan semoga dengan membaca ini anda bisa belajar dan mengerti bahwa cara memasang vga card tidak serumit yang di bayangkan.

 
 

Tuesday, July 3, 2012

Cara Memecah File Menggunakan HJ-Split

     
  1. Setelah download, jalankan HJ-Split tersebut (KLiK hjsplit.exe, aplikasi ini tak perlu diinstall), kemudian akan muncul gambar seperti dibawah.
  2. KLiK! tombol "Split" seperti yang dilingkari diatas, dan akan muncul gambar seperti dibawah.
  3. DEMAS~HJSPLIT~A
  4. KLiK! "Input File" seperti yang dilingkari diatas, dan browse file yang anda kehendaki untuk dipecah. Di sini saya memberi contoh akan memecah fileuploaded_video.file.mkv".
  5. DEMAS~HJSPLIT~B   
    4.  Kemudian KLiK! tombol "Open" seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini.
  6. DEMAS~HJSPLIT~C-
    " kalau anda ingin menempatkan output file split ke lokasi lain.
  7. Tentukan
    "Split file size" (Kb/Mb).
  8. KLiK! tombol "Start" seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini, tunggu hingga prosesnya selesai !



DEMAS~HJSPLIT~F
     


Saturday, January 14, 2012

TUTORIAL MEMBUAT KACA MENGGUNAKAN 3D MAX

Langkah-langkah:
-jika ingin mengganti background perenderan caranya…
* klik RENDERING- pilih ENVIRONMENT
* pada common parameters untuk color ganti dengan warna putih dengan klik pada kotak color. Lalu close.


1. 1. Buka program 3D max… (disini gue pake 3D max 2011. Tapi yg versi lama juga gak apa-apa)
2.


1. 3. Stelah itu, pada create---geometry--- pilih plane… ini untuk bikin alasnya dulu…

4. 4. Lalu masih pada oknum yg sama (geometry maksud aye~~), kita bikin box. Box inilah yg jadi cikal bakal kaca geje kita… disini parameters buat width/lebarnya, gue pake ukuran 2 cm. panjang sama tinggi terserah kalian… lebarnya juga terserah kalian aja sih… tp disini gue bikin kaca yg agak tipis…
5. 5. Trus kita kasih material dengan cara tekan huruf M di keyboard


6. 6.Habis itu pilih salah satu slot kosong *slot pa bukan ya namanya?* tuh yg bentuknya bola2 itu… nah… kita ubah warnanya di Blinn Basic Parameters di ambient *bukan ambeien loh ya!*… disini gue pake warna putih (yg gue tandain bernomor 1)… klo nggak mau diganti juga gak apa-apa. No problemo… trus opacity kita turunin (tanda no.2). pastiin calon kaca tadi tetep aktif y! trus aplikasi’in deh dengan cara klik assign material to selection (tanda no.3).

7. Habis itu di-render caranya klik rendering—pilih render. Bisa juga dengan tekan shift + Q di keyboard. Atau tinggal klik icon kayak di bawah ini. Yg letaknya deket icon material.
8.Inilah hasil setelah dirender

Masih di buletan yg sama , trus cari deh yg tulisannya Maps. Cari tulisan reflection--- klik tombol none. Kan muncul penampakan material/map browser tuh! Nah, cari Raytrace. Klik dua kali. Trus aplikasikan lagi…

2. nah render tuh kaca. Kira2 klo dirender jd kyk gini…
>o< WOWWWW SILAU MAN!!!
3. untuk ngurangi tingkat refleksinya, buka lg material… klo tampilan material kyk di bawah ini…

Go to Parent.

Pas tampilannya udah balik kayak gini. Disamping tulisan reflection tuh kan ada angkanya tuh… nah itu lah yg di kurangin (tanda no.1)… jadi selamat nurunin angkanya (lebih cepat dari nurunin berat badan!!!) habis itu, render lagi deh!!! sebagai contoh gue pake 39.


1. 5. Hasil render
1.
6.Buat mengetahui apa perjuangan yg membingungkan kita tadi berhasil apa kagak, tinggal kita tambahin aja object lain di belakang sama di depan kaca.




SELAMAT MENCOBA!!!

Friday, November 4, 2011

MEMBUAT WAJAH KARTUN DENGAN 3DS MAX

Ini adalah salah satu cara sari sekian banyak tekhnik membuat wajah dengan 3ds max, mengapa harus membuat wajah kartun ? jawabannya : kalau membuat wajah manusia normal, di aflikasi 3ds Max sudah disertakan lengkap tutorialnya, anda tinggal membuka Menu Bar help. tapi kalau membuat wajah kartun selain lebih Fun juga tidak terlalu rumit dan detail. jadi tutorial ini bisa dibilang untuk tingkat dasar (basic) ...


untuk menghemat waktu kita mulai saja
boatlah sebuah box, ukuran bebas
length segs : 1
width segs : 1
height : 1


klik icon Modify, di Modifier List pilih TurboSmooth



tampilannya akan seperti ini, jangan lupa untuk merubah
opsi tampilan dari Smooth+Highlights menjadi Edged Faces


klik kanan pada objek, pilih Convert to Editable Poly, pilih Edge pada Selection



dan klik 4 edges seperti terlihat di gambar lalu klik Loop


setelah itu klik gambar kotak di sebelah kanan Champer (chamfer Setting), jika anda menggunakan 3ds Max 2009 kebawah mungkin akan keluar setting berbentuk dialog, tapi karena saya memakai 3ds Max 2011 maka tampilannya seperti gambar di bawah ini. (tak apalah sama saja) atur Chamfer Amount sehingga berbentuk seperti pada gambar


masih menggunakan Edge pilih salah satu Edge di bawah lalu klik Ring kemudian klik Conect pada Edit Edges


pada garis yang baru pilih satu edge seperti pada gambar lalu klik kotak sebelah kanan Chamfer, (mulai sekarang kotak sebelah kanan kita sebut setting).


aturlah pada Chamfer Amount klik OK atau pada tanda centang


kemudian kita pilih Polygon, dan klik ketiga Polygon sambil menekan Ctrl


klik setting Inset, nantinya untuk membuat bibir


lalu klik setting Extrude, atur supaya extrude-nya kesebelah dalam dengan menggeser Amount Extrude menjadi minus (-) karena kita sedang membuat bagian mulut


pilih salah satu polygon seperti pada gambar klik Select and move drag ke depan,




lalu tarik kebawah. lakukan juga pada bagian yang bawah, sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar


sekarang kita membuat bagian dagu, klik ketiga Polygon sambil menekan tombol Ctrl,


lalu setting Extrude klik OK


pilih Select and Transform Scale drag dan kecilkan bagian merah


sekarang kita membuat bagian mata pilih ketiga polygon seperti pada gambar, drag dan kecilkan


klik kedua Polygon sambil menekan Ctrl,


klik setting Inset maka akan tercipta polygon baru lalu pilih Select and Move seret ke bagian dalam





sekarang kita membuat bagian Hidung, pilih dua Polygon seperti pada gambar lalu Extrude


pilih edge klik di satu edge lau geser ke dalam


berpindah lagi ke seleksi Polygon pilih 3 polygon di bagian Hidung, lalu klik Select and Transform Scale, kecilkan bagian itu


Sekarang kita membuat bagian terakhir yaitu Telinga. sebelumnya rubah seleksi ke Vertex drag dengan Viewport dari bagian Right drag beberapa vertex sekaligus lalu dengan Select and Move geser bagian itu dan sempitkan


pilih bagian yang akan dibuat telingan dengan Polygon sambil menekan Ctrl lalu extrude


sekarang kita pilih bagian depan telinganya sambil menekan Ctrl lalu klik Insert seret ke bagian dalam


oh ya, saya hampir lupa pada bagian mata sebaiknya di pilih dengan polygon sambil menekan Ctrl lalu di Bevel sedikit ke bagian luar, tetapi saya kira ini tidak terlalu penting


tambahkan juga edge pada bagian kening lalu ring dan connect


sampai sini kita anggap cukup saja, karena ini sengaja dibuat agar tidak terlalu rumit, cobalah di Modifier List pilih TurboSmooth beri nilai Iterations : 2 untuk menghaluskan objek



lalu untuk melihat tampilan aslinya di Render (Shift+Q)